Ethernet adalah metode akses yang memungkinkan semua komputer dan perangkat
dalam suatu jaringan untuk berbagi bandwidth yang sama pada tiap link-nya.
Ethernet adalah metode
media akses agar memperbolehkan semua host di dalam jaringan untuk share
bandwidth dalam suatu link .
Ethernet merupakan
salah satu alat (media komunikasi) yang dipasang di dalam CPU pada PCI slot.
Ini berfungsi untuk menghubungkan kabel dalam jaringan dan memungkinkan
terjadi koneksi internet, intranet, atau ekstranet. Walaupun biasanya digunakan
untuk jaringan LAN.
Ethernet adalah salah
satu skenario pengkabelan dan pemrosesan sinyal untuk data dalam jaringan.
Sebenarnya ada berbagai metode akses yang digunakan dalam jaringan diantaranya,
Ethernet, FDDI, Token Ring, Wireless LAN, Bridging, dan Virtual
Bridged LAN. Masing-masing metode mempunyaiinterface yang berbedabeda.
Interface yang digunakan pada ethernet disebut ethernet card.
IEEE (Institute of Electrical
and Electronics Engineers) adalah sebuah organisasi yang mengurusi masalah
pengembangan teknologi yang berhubungan dengan keteknikan elektro dan
elektronika. IEEE terdiri dari berbagai ahli di bidang teknik yang menawarkan
berbagai pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang
mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering),
yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.
Ethernet sendiri merupakan
standar pertama yang digunakan untuk koneksi jaringan. Karena perkembangannya
yang pesat, terdapat beberapa versi ethernet sesuai dengan teknologi dan tahun
peluncurannya sebagai standar baru.
Spesifikasi Ethernet
mendefinisikan fungsi-fungsi yang terjadi pada lapisan fisik dan lapisan
data-link dalam model referensi jaringan tujuh lapis OSI, dan cara pembuatan
paket data ke dalam frame sebelum ditransmisikan di atas kabel.
Ethernet merupakan
sebuah teknologi jaringan yang menggunakan metode transmisi Baseband yang
mengirim sinyalnya secara serial bit pada satu waktu. Ethernet beroperasi dalam
modus half-duplex, yang berarti setiap station dapat menerima atau mengirim
data tapi tidak dapat melakukan keduanya secara sekaligus. Fast Ethernet
serta Gigabit Ethernet dapat bekerja dalam modus full-duplex atau half-duplex.
Ethernet menggunakan
metode kontrol akses media Carrier Sense Multiple Access with Collision
Detection untuk menentukan station mana yang dapat mentransmisikan data pada
waktu tertentu melalui media yang digunakan. Dalam jaringan yang menggunakan
teknologi Ethernet, setiap komputer akan “mendengar” terlebih dahulu
sebelum„berbicara”, artinya mereka akan melihat kondisi jaringan
apakah tidak ada komputer lain yang sedang mentransmisikan data.
Jika tidak ada komputer yang mentransmisikan data, maka setiap komputer yang
mau mengirimkan data dapat mencoba untuk mengambil alih jaringan untuk
mentransmisikan sinyal. Sehingga, dapat dikatakan bahwa jaringan yang
menggunakan teknologi Ethernet adalah jaringan yang dibuat berdasarkan basis
First-Come, First-Served, daripada melimpahkan kontrol sinyal kepada Master
Station seperti dalam teknologi jaringan lainnya.
Jika dua station
hendak mencoba untuk mentransmisikan data pada waktu yang sama, maka
kemungkinan akan terjadi collision (kolisi/tabrakan) , yang akan mengakibatkan
dua stasion tersebut menghentikan transmisi data, sebelum akhirnya mencoba
untuk mengirimkannya lagi pada interval waktu yang acak (yang diukur dengan
satuan milidetik). Semakin banyak station dalam sebuah jaringan Ethernet, akan
mengakibatkan jumlah kolisi yang semakin besar pula dan kinerja jaringan pun
akan menjadi buruk. Kinerja Ethernet yang seharusnya 10 Mbit/detik, jika dalam
jaringan terpasang 100 node, umumnya hanya menghasilkan kinerja yang berkisar
antara 40% hingga 55% dari bandwidth yang diharapkan (10 Mbit/detik). Salah
satu cara untuk menghadapi masalah ini adalah dengan menggunakan Switch
Ethernet untuk melakukan segmentasi terhadap jaringan Ethernet ke dalam
beberapa collision domain.
Pada metoda CSMA/CD,
sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan pertama-tama
memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari dan oleh
host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi data lain
dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut diharuskan
mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu berikutnya yang
dilakukan secara acak (random).
Teknik ini disebut
dengan backloff algorithm. Dengan demikian maka jaringan efektif bisa digunakan
secara bergantian.
Untuk menentukan pada
posisi mana sebuah host kmomputer berada, maka tiap-tiap perangkat ethernet
diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik (hanya satu di dunia).
Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya nampak pada saat komputer di
start dalam urutan angka berbasis 16, seperti berikut :
48 bit angka agar mudah dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk
menyertakan bilangan berbasis 16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3
angka di depan adalah kode perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat
oleh ANI Communication Inc.
Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon